Kamis, 18 Maret 2021

Sejarah Singkat Kelurahan Murung Raya


 

Poto Kelurahan Waktu Bahari (Dulu)

Asal mula Kelurahan Murung Raya di tahun 1960-an adalah kampung Kelayan Barat I dan merupakan bagian dari wilayah administrasi Pemerintahan Kecamatan Banjarmasin Selatan. Pada tahun 1974-1979 Kecamatan Banjarmasin Selatan masih terdiri dari 5 desa (kampung) yakni Kelayan Barat I,Kelayan Barat II, Kelayan Timur, Pemurus dan Mantuil, pada tahun 1979 Banjarmasin Selatan mengalami pemekaran yaitu : 

1. Desa Kelayan Barat I di mekarkan menjadi 4 Kelurahan baru yakni Kelayan Barat, Kelurahan Kelayan Luar, Kelurahan Kelayan Dalam dan Kelurahan Kelayan Tengah. 

2. Desa Kelayan Barat II di mekarkan menjadi dua Kelurahan yakni Kelurahan Kelayan Selatan dan Kelurahan Pekauman. 

3. Desa Kelayan Timur di mekarkan menjadi tiga Kelurahan yakni Kelurahan Kelayan Timur, Kelurahan Tanjung Pagar dan Kelurahan Murung Raya.

 

  Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang terus meningkat, pada tahun 2010 Kelurahan di Banjarmasin Selatan berjumlah 12 Kelurahan yang terdiri dari Kelurahan Murung Raya, Kelurahan Kelayan Barat, Kelurahan Kelayan Dalam, Kelurahan Kelayan Selatan, Kelurahan Pekauman, Kelurahan Kelayan Timur, Kelurahan Kelayan Tengah, Kelurahan Mantuil, Kelurahan Murung Raya, Kelurahan Pemurus Dalam, Kelurahan Pemurus Baru dan Kelurahan Basirih Selatan.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search